Smart City : Konsep Kota Rangking 1 



Postingan di bawah ini adalah Mereview Video diatas :

Mayoritas masyarakat awam membayangkan bahwasannya Kota idaman itu adalah kota yang memiliki segala fitur canggih. Biasanya ide-ide menakjubkan seperti mobil yang bisa meluncur diudara, deretan bangunan megah dan berseni,  robot-robot lucu dan impresif  untuk setia dijadikan asisten aktivitas sehari-hari, dan berbagai imajinasi tingkat tinggi lainnya mengenai kehidupan futuristik.

Tapi ketahuilah, Kota idaman sesungguhnya adalah kota yang mampu melayani penduduknya secara optimal dengan lebih mengedepankan kenyamanan, keamanan dan ketenanangan hidup mereka. Karena evolusi tehnologi ke level tertinggi harus diawali dari lingkungan yang menyenangkan banyak orang. Terutama lingkungan di sebuah kota. Karena Kota adalah pusat dari berkumpulnya budaya dan transformasi pikiran umat manusia.

Lebih dalam lagi, Smart City atau Kota cerdas merupakan konsep dasar dan yang paling utama harus direalisasikan sebelum memulai tahap rancangan kota dengan tehnologi kualitas teratas. Maka sangat keliru jika kita mengagumi sebuah kota hanya sebatas memandang dari apek kecanggihannya saja. Perhatian kita juga harus tertuju pada keamanannya, kenyamanan, fungsi kesehatan, dan hasil indah untuk segi kemakmuran.




Apa yang dimaksud dengan  Smart City ? Dan bagaimana definisi manfaatnya?

Pembahasan Smart City cukup beragam. Tiap-tiap organisasi dan negara tertentu memiliki pemaparan berbeda terhadap sudut pandang Smart City ini. Contohnya dari Price Waterhouse Cooper (PWC) salah satu lembaga konsultan global  menyatakan sebuah kota akan di memperoleh predikat sebagai Smart City apabila :

1.Sistem transportasi memiliki pelayanan yang terintegrasi secara multifungsi ( mulai dari pejalan kaki, pengguna kendaraan umum dan Kendaraan pribadi)

2. Tehnologi yang tersedia adalah tehnologi yang meningkatkan fungsi mansyarakatnya. Baik dari segi kenyamanan, efektifitas, dan keselamatan.


3. Mampu menangani lingkungan dengan seefisien mungkin. Baik itu problem limbah, polusi, dan pengelolaan energi. Bisa diselesaikan secara baik.


4. Meraih sektor pertumbuhan ekonomi yang melibatkan warganya. Baik itu pemerintahnya, akademia , dan swasta.


5. Memiliki layanan e-government yang optimal. seperti Surat ijin mengemudi dan kartu penduduk berbasis online.

Lain pembahasan PWC ,lain pula wacana yang diungkap oleh International Business Machines Corporation atau yang biasa kita kenal dengan perusahaan yang disingkat IBM, yaitu sebuah perusahaan komputer global milik Amerika Serikat. Dalam pandangan mereka, setidaknya sebuah kota yang layak di cap sebagai Smart City adalah Kota yang sudah mewujudkan minimal 6 rotasi dasar, yaitu masyarakat kota, prasarana, mobilitas, ekonomi, lingkungan dan konsep smart living.


Inti sederhana pengertian Smart City
Beberapa organisasi dan lembaga berbeda tiap-tiap negara memang sudah memantapkan wacana masing-masing tentang Smart City, namun apabila kita teliti lebih jauh,kita akan mendapat benang merah yang sama untuk kesimpulan Smart City .

Smart City atau Kota Cerdas adalah kota yang tehnologi, sumber daya, dan responsibilitas masyarakatnya bisa berfungsi sebagai layanan untuk kebahagiaan seluruh penduduknya. Tujuan Smart City adalah untuk kota yang layak huni sekaligus agar suasana kotanya lebih hidup



Bagaimana memulai elemen Smart City?


Diawali dari masyarakat yang saling peduli
Smart City akan terwujud apabila masyarakatnya sudah sama-sama setuju untuk memulai sebuah perubahan. Persetujuan kesemua masyarakat biasanya diawali dari peduli satu sama lain. Karena memang dibutuhkan kesadaran lingkungan hidup, kemanusiaan dan dana yang tidak sedikit untuk merancang sebuah kota cerdas.


Pilar-pilar peduli itu mewakili beberapa komponen.

1.Menjunjung tinggi keramah tamahan sehingga bisa saling tenggang rasa sesama penduduk

 
2. Gigih untuk membela dan menyuarakan perubahan lingkungan yang lebih segar dan indah. Berarti setuju untuk tidak melakukan tindakan tindakan pengrusakan yang dimulai dari dirinya sendiri, contohnya polusi, baung samapah sembarangan, dan sikap sikap lain yang merugikan.


3. Adil. Berarti konsep pembangunan kota yang lebih menjunjung tinggi kenyamanan dan keselamatan banyak orang disetujui secara bijak. Mampu bersikap ke pihak yang benar daripada mengikuti nafsu atau keinginannya sendiri demi kepentingan banyak orang.



Jika pilar-pilar diatas sudah disepakati bersama. Sudah tentu penduduk yang mayoritas mengikuti syarat diatas akan berani mempromosikan pilar kepedulian tersebut ke pemerintah kota agar membentuk Smart City. Sehingga pembangunan Smart City bisa dilaksanankan. dengan dukungan penduduk dan legalisasi sistem pemerintahannya.






Dasar utamanya adalah pondasi kokoh jaringan informasi
Jaringan informasi berarti sistem yang bergerak untuk pengolahan informasi guna kelancaran kehidupan bermasyarakat. Seperti aspek komunikasi, ilmu pengetahuan, pelayanan jasa untuk lingkup apapun, serta evaluatif dan pengembangan untuk ranah kesehatan. Dengan demikian ke tiga unsur penting yaitu : tehnologi, pendidikan, dan infrastruktur sudah menjadi prioritas utama untuk mekanisme pembenahannya  Karena elemen-elemen ini saling berkesinambungan.   Menciptakan Smart City dengan perencanaan maksimal pada jaringan informasi memang dirancang demi  mengoptimalkan sumber daya yang tersedia di kota tersebut.




Ruang jalan yang saling terkoneksi adalah Inti dari Smart City
Kita tidak perlu muluk-muluk untuk memvisualisasikan Smart City seperti apa. Hal paling mendasar yang sering diabaikan sebuah kota adalah kenyamanan dan keselamatan masyarakat di trotoar atau di jalan raya. Kebebasan berkendara dan kesehatan area jalanan sangat minim kita dapatkan. Bahkan tidak sedikit yang ditakdirkan mengalami kecelakaan, korban kriminal, dan peningkatan stress  akibat area jalanan yang kurang dikembangkan fasilitasnya.
Ternyata menata kota dengan memulai meningkatkan kualitas jalanan merupakan
Konsep yang simple dan genius yang semestinya dilakukan sejak dahulu.



1. Lampu jalan pintar yang siap siaga menerangi
Manfaat lampu jalan yang biasa kita tahu adalah untuk menerangi jalanan saat penduduk berjalan atau berkendara di malam hari. Smart City menawarkan konsep yang lebih optimal untuk pengembangan lampu jalan ini. Ini disebut lampu jalan siaga yang berarti manfaatnya bukan sebatas menerangi jalan saja. bahkan tugasnya sudah mampu mengumpulkan informasi sekaligus mengirimkan informasi secara bersamaan yang terhubung melalui aplikasi ponsel.

Pencahayaan otomatis saat seseorang datang dan pergi
Keluar malam atau subuh hari adalah pemandangan lingkungan yang masih cukup gelap dan perasaan hati was-was. Lampu jalan Smart City memberikan kesiagaan terhadap pengguna jalan di aktivitas-aktivitas penting.
contoh kasus : Tom akan persiapan berangkat kerja jam 7 malam. Dia akan melewati trotoar untuk menaiki mobilnya. Dan dari kejauhan lampu jalan menyorot setiap langkah tom hingga dia berhasil masuk ke bagian kemudi tanpa perasaan was-was.  Konsep pencahayaan seperti ini sangat ideal demi keamanan dan berjaga-jaga terhadap orang atau sekelompok tertentu yang bertindak macam-macam terhadap tom.


2. Asisten Parkir.
Banyak pengendara mobil yang memakan waktu lama hanya untuk berjuang mendapatkan tempat parkir yang aman. Itu memboroskan energi dan waktu. Dengan asisten parkir yang tersedia di area jalanan, kita akan mengetahui dengan cepat beberapa wilayah yang bisa dibuat tempat istirahat mobil kita.
Penerapannya cukup sederhana : aplikasi di ponsel anda akan memberitakan tanda khusus dimana ruang parkir yang layak dan terdekat dari jarak kemudi anda.



3. Pemakai kursi roda dan Disabilitas akan semakin lancar bepergian.

Untuk pemakai kursi roda dan disabilitas sejenisnya biasanya membutuhkan bantuan seseorang untuk menyeberang. Jika trafik lalu lintas cukup padat dan orang-orang disekitar mereka terlalu sibuk sehingga tidak ada waktu membantu menyebrang jalan, maka lampu jalan versi Smart City cukup menjadi andalan terbaik untuk kondisi ini. Apalagi ketika pemakai kursi roda dan disabilitas lagi situasi buru-buru. Mekanisme kerjanya adalah : takkala pemakai kursi roda sudah dalam posisi menyeberang jalan maka otomatis lampu di sebrang jalan menyinari dengan isyarat warna khusus di trotoar. Itu tanda agar pengendara memelankan laju kecepatannya. Sehingga dengan santai dan aman para pengguna kursi roda dan disabilitas bisa melanjutkan aktivitasnya bepergiannya tanpa perlu mengusik orang lain.


4. Informasi khusus bagi penyetir mobil listrik.

 
Manufaktur cerdas di area jalanan salah satunya menyediakan charger station khusus mobil bertenaga listrik. Stasiun charge isi ulang untuk anda yang yang sedang membutuhkan informasi pengisian energi pada mobil listrik. Informasi berapa jarak tempuh menuju stasiun khusus charge dari jarak keberadaan anda dan sanggup tidaknya energi mobil anda menuju statiun tersebut dan hal-hal sejenisnya akan dikabarkan sedetail mungkin melalui ponsel anda.





5. Automatic Watering

 
 Cuaca yang panas dan pengap akan sangat mengeringkan rumput taman.
Tehnologi automatic watering akan membasahi rumput taman secara otomatis tanpa perlu menunggu hujan datang. 


6. Menyiarkan kabar sesegera mungkin jika wadah sampah telah FULL



Sampah adalah musuh no 2 area jalanan setelah polusi. Biasanya warga
berani buang sampah sembarangan karena tempat sampah yang tidak teratur akan jadwal pengambilan dari kontainer. Tempat sampah sudah meluber-luber hingga isinya tergenang di sekitar jalanan, itu disebabkan telat atau ketidak- tahuan tim kontainer sampah untuk membersihkannya.Tempat sampah dengan konsep Smart City sangat aktif untuk masalah ini. Desain wadahnya memiliki parameter khusus. Cara kerjanya pun sederhana. Ketika Isi sampah sudah cukup full. Maka dengan sigap data terkirim ke tim kontainer. Sehingga tim kontainer inisiatif mengambil sampah yang sudah penuh itu agar tempat sampah kosong lagi. Kebersihan kota akan selalu terjaga karena alat canggih ini.



7. Manajemen polusi, cuaca dan tingkat arus sungai 

 
Smart City selalu mengedepankan kenyaman penduduknya khususnya penduduk yang tengah berkendara di jalanan. Disaat beberapa kendaraan yang dengan sengaja atau tanpa sengaja menyebarkan racun udara ( polusi) dengan taraf berlebihan, maka sensor yang berada di sekitar jalan akan mendeteksi hal tersebut dan selanjutnya akan menjadi pendataan di sistem kota. begitupun jika takaran polusi masih dalam tahap normal itupun menjadi update terbaru pada ponsel anda.  Alih-alih fungsi yang lebih penting lainnya adalah mendapatkan kabar terbaru dari tingkat arus air jika terjadi genangan kecil atau mulai terjadi banjir. Yang berarti jarak tinggi air yang berada di sepanjang jalan akan dengan gampang anda ketahui. 


Informasi yang berkaitan dengan berita polusi dan jarak tinggi air yang selalu konsisten akan menghilangkan kegelisahan berkendara anda.









8. Tidak perlu lagi mengecek meteren listrik atau meteran air di rumah anda.



Untuk mengefisienkan waktu maka listrik dan air yang menjadi sumber kehidupan rumah anda akan selalu tersedia stoknya karena diatur oleh remote metering. Jadi tidak perlu takut kekurangan air atau menderita mati lampu.


9. Kecelakaan yang meminimalkan efek kekacauan.

Jika sudah terjadi kecelakaan tertentu. baik pengendara motor dan mobil, dengan sigap sensor dari alat pemantauan jarak jauh yang sudah tersedia di sekitar jalan akan bereaksi dengan mengirimkan sinyal-sinyal instan terhadap situasi kecelakaan tersebut. Sang penerima pesan yang memang bertugas stand by di kantor bagian penanganan melanjutkan info kecelakaan itu ke running text yang terpampang disekitar jalanan sekaligus info diterima oleh pengendara-pengedara lainnya melalui ponsel. Sementara lampu lalu lintas otomatis menyesuaikan tanda-tanda untuk mengatur jalanan.



Itulah pembahasan Smart City dengan memulai perombakan pada akses tehnologi di seputar jalanan. Dengan mencantumkan Lampu jalan yang pintar, asisten parkir, stasiun pengisi energi untuk mobil listrik, automatic watering, wadah sampah profesional, remote metering, informasi dinamis yang berasal dari koneksi wi-fi dan li-fi, manajemen polusi dan cuaca, dan alat pengawas yang tertata secara efektif itu semua adalah bagian dasar paling sempurna untuk terciptanya Smart City.
Next Post Previous Post
Related Post
Motivasi,Motivasi Kreatif