400 % Meningkatkan Percaya Diri dengan cepat



Postingan kali ini adalah postingan tentang meningkatkan kepercayaan diri VERSI PERFECT. Baca dalam-dalam makna dari semua hal yang terbahas di artikel ini. Karena jika anda sudah memiliki kesemua elemen-elemen  yang terbahas dalam halaman ini, Percaya Diri anda pasti meningkat 200 % hingga 400% ( 2 hingga 4 kali lipat) dalam waktu cepat.






 Bagaimana Meningkatkan Percaya Diri Dengan Cepat ?
Kita kupas terlebih dahulu makna dari percaya diri.

Percaya diri adalah kombinasi antara pikiran dan perasaan yang percaya pada dirinya sendiri yang nantinya akan menghasilkan sebuah tindakan.

Sebelum kita membongkar Tips eklusive bagaimana meningkatkannya , kita beberkan dahulu tentang " apa yang menyebabkan manusia tidak percaya diri".



Percaya diri bukanlah sesuatu yang permanen. Yang artinya apabila orang sudah belajar untuk percaya diri bukan berarti suatu saat tidak akan merasa tidak percaya diri lagi. Percaya diri itu tergantung dari konteks.



Contoh :



Saya akan percaya diri jika saya berbicara di hadapan orang banyak. Tapi di panggung yang sama, saya tidak akan percaya diri jika disuruh menari balet.
 kenapa saya tidak percaya diri menari balet? Karena saya tidak memiliki gambaran visual dikepala, dihati, dan perasaan tentang sebuah kejadian- tentang dunia balet.
|
 
Ketika seseorang tidak percaya diri itu adalah hasil proyeksi dari sebuah kejadian yang muncul dikepalanya. Itulah awalnya ketidak percayaan diri lahir.


Bagi orang yang selama ini naik mobil pribadi, akan sangat minder ketika harus menyupir mobil truk. Karena dia belum paham bagaimana situasi yang terjadi ke depan. Bayangan-bayangan seperti : bagaimana menyesuaikan jarak mobil truk dengan jalan raya, bagaimana bila terjadi tabrakan , dll. Bayangan yang sulit diterima tersebut mengakibatkan keraguan. Sehingga dia tidak percaya diri.



 

Bagaimana agar percaya diri ?


Seperti dua kasus diatas . Disuruh menari balet dan menyupir truk. Untuk percaya diri bisa lancar menari balet dipanggung dan lancar menjalankan mobil truk tanpa ragu, seseorang harus memiliki gambaran dikepalanya tentang visualisasi pada hal-hal terkait yang dilakukan. Atau bahasa lainnya, seseorang harus memiliki pengalaman pada hal yang dijalankannya sehingga dia bisa percaya diri untuk menari balet atau mengemudikan truk. Maka itulah tadi disebut, percaya diri itu tergantung konteks.

 Seseorang bisa percaya diri di satu hal, tapi belum tentu percaya diri di hal-hal lainnya. Misalnya lagi, saya seorang imam sholat dan anda seorang perampok profesional yang tidak ragu beraksi di keramaian. Maka saya tidak akan percaya diri jika disuruh membobol ATM mandiri di depan rumah saya, walaupun tidak ada security dan cctv sama sekali. Sebaliknya, andapun tidak akan percaya diri jika disuruh jadi imam sholat padahal anda seorang perampok profesional yang tidak ragu beraksi di keramaian orang. Sekali -lagi dikatakan, bahwasannya percaya diri itu tergantung konteksnya.









Bagaimana agar Meningkatkan Percaya Diri dengan cepat?

Agar memiliki kepercayaan diri pada hal tertentu atau hal baru yang kita inginkan, seseorang harus memiliki gambaran dahulu dikepalanya atas visualisasi pada hal terkait yang akan dilakukan kedepan. Seringkali terjadi perang pikiran di otak kita. Antara apa yang dilakukan dengan ketidak jelasan gambaran membuat diri kita membatalkan pada sebuah tindakan. Inilah yang membuat masalah dikemudian hari.
Orang yang sukses adalah orang yang kemudian berani untuk percaya diri. Percaya diri ternyata membutuhkan keberanian

Apa itu keberanian? Keberanian adalah sebuah tindakan walau kita tidak tahu pasti apa yang terjadi, walau resiko yang kita hadapi, walau situasi diluar dugaan , kita terus menghadapi itu semua. Itulah yang dinamakan kebranian.

Orang yang mengawali sesuatu dengan keberanian, maka dia mulai masuk ke tahap "menghadapi". Saat dia masuk ke level "menghadapi" maka di kepalanya otomatis telah muncul gambaran tentang kejadian. Begitu gambar sudah terekam dikepala, akhirnya dengan sendirinya dia berguman : " Oh ternyata tidak sesulit yang dibayangkan, oh ternyata kata-kata orang tentang ini -itu tidak terbukti. Ternyata tidak sulit ya mengerjakannya " dan disanalah Muncul dikepala sebuah sinyal " YES , SAYA PERCAYA DIRI"

Maka apabila anda ingin melakukan sesuatu dan sesuatu itu terasa berat bagi anda. Itu wajar, karena belum ada gambaran kejadian di kepala anda. Anda belum mengalaminya, anda belum pengalaman. Karena itu semua tergantung situasi dan konteksnya. Untuk menghadapi kondisi gugup atau tidak percaya diri tersebut mulailah visualisasikan gambaran di kepala dengan jelas, mulai beranilah memberikan gambaran nyata dikepala. Sehingga anda akan bertindak saat itu juga. tanpa menunda-nunda. Karena menunda-nunda, itu sama saja anda memilihara sifat minder anda sendiri.



Kita minder karena lingkungan

Lebih jauh, lingkungan ternyata salah satu faktor yang meracuni diri kita,
Seringkali kita dilabeli oleh lingkungan sebagai : orang gak bisa apa-apa , orang kurus, orang bodoh, atau orang dari keluarga miskin. 


Kata-kata lingkungan ini menjadi sebuah kebenaran di pikiran kita. Secara tidak sadar sugesti lingkungan meyakinkan kita kalau kita itu lemah, tidak mampu, dan orang yang tidak memiliki kelebihan apapun. Disinilah mengapa banyak orang memiliki kepribadian dan tingkat percaya diri rendah terbentuk dari lingkungan.


Lingkungan mengatakan kalau kita kurus, kita tdk mungkin sukses, kita rabun, dan kita mempercayai kata-kata itu sebagai suatu dasar pemikiran kita kalau kita memang tidak berkompeten menghadapi realita. Perlu diketahui,  memang tidak ada jaminan kita sukses bila kita menentang lingkungan tapi lebih tidak ada jaminan lagi jika kita meyakini bahwa kita tidak akan sukses. Namun jika kita meyakini kita akan sukses, maka keyakinan itu 50 % sudah berada ditangan kita. Namun sebaliknya, saat anda tidak meyakini sama sekali, dijamin 100 % kita tidak akan sukses.

Tukul arwana sebenarnya pribadi yang minder. Kelemahan-kelemahan yang ada pada tubuhnya membuat dia tidak percaya diri untuk menjadi seseorang yang dia inginkan.


 Namun seiring proses, dia belajar, belajar dan terus belajar hingga dia berhasil  mengumbar kelemahannya menjadi bahan tertawaan. Yang akhirnya tukul arwana menjadi orang yang sangat sukses karena berani menentang stigma lingkungannya. 




 
Ini sedikit kisah motivasi, dan moga moga ini menginspirasi anda. Karena cerita saya ini adalah kisah nyata saya yang pemalu, kuper, penakut, yang akhirnya bertrnasformasi menjadi pria yang bisa mengajar di atas podium orang banyak.

Dulu saat saya masih di pesantren saya minder jika harus latihan ngajar alquran dan ceramah agama di depan kelas. Karena saya salah satu pria yang jika mengatakan huruf "R" tidak jelas. Pernah saya naik ke panggung kelas, dan satu orang mencibir jika saya berbicara. dia mengejek saya dengan cukup tajam.

Saya kepikiran dengan cibiran sederhana itu dan menelpon orang tua saya kalau saya pasti tidak akan bisa menjadi guru ngaji setelah selesai dari pesantren. Ibu saya tetap mensuport saya appun pilihan saya. 

Beberapa waktu kemudian saya mendengar adzan dari salah seorang anak pesantren dan suaranya sangat merdu. Sungguh saya menginginkan memiliki suara indah seperti anak itu. Rupanya itu adalah pria yang 2 tahun diatas saya. Singkat cerita saya berkenalan dengannya dan sesekali meminta rahasia agar saya bisa diwariskan ilmu suara emas. Ternyata cukup mengejutkan saat dia berbicara, rupanya dia lebih cadel (sulit bilang "R") lebih parah dari saya. bahasa saya masih jelas terdengar. Kalau dia intonasinya semrautan.
Dari sinilah Kepercayaan diri saya meningkat lagi. Pria itu berkali-kali diejek tentang kelemahannya tapi dia santai dan ettap tersenyum sementara saya baru diejek satu kali saja sudah minder. 
|
Singkat cerita karena saya terus melatih diri dan mengembangkan tehnik publik speaking sampailah saya di masa saya menjadi guru teladan yang menginpirasi adik-adik dan murid-murid saya hingga kini.


Memang, cerita saya cukup klise. Tapi ini tentang perang melawan lingkungan. Andai saya terus- terusan minder dan kepikiran oleh ejekan satu orang dan tidak mengembangkan Kepercayaan diri saya, saya yakin sampai sekarang mungkin saya tidak bekerja di perusahaan besar dan tidak menulis artikel ini. Atau menjadi inspirasi para murid-murid yang saya ajar.

 

Fokus pada kelemahan

Kenapa manusia takut action?  Karena takut kehilangan. Kehilangan sesuatu yang terasa penting atau Kehilangan harga diri.

Ketahuilah saat anda ingin mendapatkan pengalaman dan memiliki relasi. anda harus memulai dan mencoba. jika tidak memulai justru tidak mendapat apa apa., anda hanya akan menjadi diam statis, anda tidak memiliki terobosan dalam hidup anda.

Bagaimana anda tau rasanya kehilangan, sementara anda belum mencoba. Justru ketika anda mencoba terus anda mendapat kekuatiran yang sudah anda pikirkan, anda justu mendapat pengalaman.

Salah satu motivator indonesia Chandra Negara mengatakan " Hidup harus mendapat sesuatu"
|
|
Takut akan membuat anda melabeli diri anda.

Takut proses. Proses harus memiliki ritme dan pola. Itu diawali dengan proses. Anda akan berdaptasi. Anda akan mendapatkan irama mengenai kesuksesan anda sendiri. Semua orang sukses tidak langsung mendapat yang diinginkan , mereka paham bahwasannya butuh waktu, energi dan usaha yang tidak sebentar untuk meraih sesuatu. itulah MENTAL SEJATI.

Terkadang banyak dari kita belum memulai sudah mulai bertanya, bertanya dan bertanya. Aksi sejati itu bukan bertanya, tapi memulai.




Mental Kuat adalah Pilar Meningkatkan Percaya Diri dengan cepat



Perbedaan mental kuat Vs mental lemah

Poin perbedaan mental kuat dan mental. Kalau orang yang memiliki mental kuat dia merupakan orang yang hidup disaat ini. Dia tidak mau membandingkan masa lalu.

Contoh : Anda dulu pernah gagal, pernah merasa putus asa, kekecewaan luar biasa. Orang yang bermental kuat dia tidak mempermasalahkan itu, dia menganggap masa lalu adalah sebuah pembelajaran, bukan masalah besar ,bukan kesalahan, bukan musibah  ,dia menganggap kesemua itu adalah pembelajaran tentang dirinya.


Sementara untuk mental lemah adalah orang yang  hidup di masa lalu.
Terkadang berkoar-koar sombong :
Saya dulu pernah sukses , saya dulu pernah juara kelas, saya dulu punya perusahaan elit, tapi sekarang hidup sudah flat, dia selalu hidup di masa lalu. Hidupnya tidak ada kemajuan,. dia menganggap bahwa masa lalunya adalah hebat.


Mental kuat, adalah orang yang bekerja keras untuk mendapatkan apa yang dicita-citakannya. karena dia paham bahwa dia harus berusaha untuk mendapatkan hak. Dia tdk mau dibayar tanpa bekerja. Dia mau dibayar sepadan.


Sementara Mental lemah selalu menyalahkan situasi dan kondisi. Dia gagal dan malah menyalahkan semua orang, menyalahkan orang tua, menyalahkan adik adiknya, menyalahkan orang yang membodohinya.  Dia menganggap dia benar . dia merupakan mental yang tidak mau disalahkan,. dia merasa benar.
Orang-orang seperti ini kelihatannya kuat padahal mentalnya sangat lemah.


Orang bermental kuat paham bahwa kesuksesan bukan didapat secara instan tapi butuh proses. Bentuk otot butuh waktu yang lama, pelari marathon berlatih bertahun tahun. Butuh proses. orang memiliki  bisnis hingga bercabang, mereka juga tidak sebentar mendapatkan hasilnya.  Jangan tergiur sesuatu yang instan.



Lihat temannya sukses bisnis ikan hiu dia ikut ikutan buka modal ikan hiu, suatu saat bisnisnya drop dia malah menyalahkan situasi.  Padahal belum tentu. Bisa saja saat anda masih tidur, saat masih santai-santai, teman anda udah terlebih dahulu membangun kerajaan masa depannya. Dia lebih dahulu belajar usaha dan merintis hingga segala jatuh bangun tentang bisnis dia pernah jalani.

 

Mental kuat adalah dia tidak mudah menyerah. Beragam kesulitan , masalah , tantangan, cobaan,  itu adalah makanan sehari hari. Orang memiliki mental kuat karena dia terlatih dan tertempa dengan hal-hal yang sudah dialami.


Sementara Orang yang mentalnya lemah tidak terbiasa dengan lecet.
Nanti kalau ada sedikit masalah dia mengeluh, menjerit ,menyalahkan orang.




Percaya Diri itu adalah BERANI .


Komponen Berani adalah MENTAL KUAT.






Pembaca artikel ini juga membaca :

Program Tenaga Kuda Peningkat Percaya diri selama 2 minggu

 

ALAT DASYAT Meningkatkan Percaya Diri dengan cepat


Oke kali ini saya akan membahas Tips trik komunikasi efektif agar orang-orang mau mendengar suara anda.


Tahukah anda, salah satu hal yang membuat anda diterima masyarakat atau lingkungan adalah kehebatan komunikasi anda. Komunikasi yang jelas, padat, dan efektif akan meningkatkan level harga diri anda di masyarakat. Jadi boleh dibilang Harga diri anda sebanding dengan tingkatan komunikasi anda dihadapan mereka. Komunikasi yang asal -asalan atau komunikasi yang numpang lewat tanpa ada makna itu dikarenakan diri anda sudah terlebih dahulu dicap oleh lingkungan sebagai seseorang yang tidak menonjol. Banyak sekali faktor yang menciptakan anda dilabeli sebagai " seseorang yang tidak berguna".

Garis besar dari fungsi komunikasi yang anda berikan yang paling utama adalah suara. Ya suara. Suara yang pelan, suara yang terlalu cepat, dan suara suara ber skala minder biasanya tidak akan didengar oleh mereka. Justru anda akan diejek.

Sebelum kita bahas lebih kompleks coba terlebih dahulu anda bercermin dan latih suara anda. Sekaligus ingatlah kira kira mengapa disaat anda bersuara, orang yang anda ajak berbicara justru mengacuhkan anda. Maka itu lihat di cermin. dan mulailah berkata-kata semau anda.


Sekarang juga , baca intruksi saya dan angguklah jika salah satu dari kelemahan anda pada daftar di bawah ini benar.


1. Apakah ketika anda berbicara lidah anda sering belibet atau terkilir? contohnya saat anda mengucapkan beberapa kalimat , sebagian kata tidak terdengar jelas?


2. Apakah saat anda berbicara , intonasi, kalibrasi, dan frekuensi suara anda kurang kuat? sehingga beberapa orang atau banyak orang harus meminta anda mengulangi apa yang anda bicarakan?
3. Apakah saat anda bersuara , terdengar banyak dengung? sehingga kalimat-kalimat yang terlontar bercampur dengan dengung?

4. Apakah anda termasuk orang yang cadel? atau setengah cadel? ( cadel tidak fasih mengucapkan huruf "R" dengan benar)


5. Apakah anda ketika berbicara tidak mampu memandang mata lawan bicara hingga lebih dari 30 detik? apa anda sering berbicara tetapi mata anda tidak fokus ke lawan bicara?


6. Apakah saat anda berniat mengucapkan hal-hal yang serius, ternyata ada saja orang yang suka memotong pembicaraan anda?

7. Apakah anda lebih banyak diam ketimbang bersuara diantara sekumpulan teman tongkrongan? atau kumpul -kumpul keluarga ?


Jika anda menjawab "iya" pada salah satu daftar diatas, atau bahkan menjawab iya pada kesemua daftar diatas. Maka saya ucapkan SELAMAT.


Selamat !!! Karena anda sudah datang di blog pengembangan diri ini. Saya akan membantu anda dengan artikel yang akan beberapa persen mengubah hidup anda.


Tahukah anda ternyata banyak sekali orang-orang yang kurang percaya diri karena memiliki kecacatan pada faktor komunikasinya. Komunikasi yang tertahan dan tidak efisien membuat orang tersebut di mata masyarakat sebagai orang yang kuper, tidak pandai bergaul, dan bahkan bisa dipandang sebagai orang yang tidak bermanfaat bagi teman-temannya.

Semua orang pasti ada masa-masa dimana dia kurang percaya diri, sayapun demikian, apalagi ketika saya berbicara saya kurang lancar menyebut huruf "R". kelemahan itulah yang menghambat saya ( cerita saya tentang cadel, dan bertransformasi menjadi pria percaya diri tinggi saya ulas di atas)


Maka bisa kita garis bawahi , bahwa Tehnik Komunikasi dan Kepercayaan diri dalam berbicara adalah salah satu komponen dasyat untuk meningkatkan Level Harga diri kita di mata masyarakat.


Memang banyak hal yang membuat kita minder ketika berbicara.


Faktor-faktor seperti :


-Kita berada di sekumpulan orang elit, maka itu kita menjadi bingung harus ngomong apa.


-Kita berada di sekumpulan orang yang lebih banyak pengalaman, sehingga kita cuma terduduk membisu tanpa mengucap sepatah katapun.


-Kita berbicara terhadap orang yang banyak omong, maka itu kita takut jika kita memotong pembicaraannya kita malah menyakiti perasaannya.


-Kita berbicara terhadap orang yang membuat hati gugup, seperti orang yang kita sukai, bos di tempat kita bekerja, atau kita berbicara ke arah orang yang pernah kita sakiti.


Dan beragam alasan-alasan lainnya yang membuat kita terdiam bagai es yang membeku selama jutaan tahun.

|

|
|
Tips Meningkatkan Percaya Diri dengan cepat Melalui Komunikasi



1.Ketegasan kontak mata


 

Ketika anda berbicara jangan sampai mata anda berpetualang ke mana-mana. Ketika anda berbicara di hadapan orang yang anda ajak berbicara, pandang matanya. Pandang dengan serius. kebanyakan orang minder memandang mata ke lawan bicara cuma sebentar saja. Latihlah diri anda mampu memandang lawan bicara dengan lama. Minimal 20 detik. Lalu anda melihat ke arah lain. Setelah itu lihat lagi matanya. Anda jangan takut untuk memulai cara ini. Kenapa ketegasan sebuah mata saat mengobrol itu penting?. Itu berfungsi agar lawan bicara anda merasa dihargai. Jika mata anda berseliweran kemana-mana , orang yang anda ajak bicara bisa berpikir semena-mena.

|
|
 Salah satunya mereka akan menganggap anda cuma pembual. Karena melalui mata kejujuran dan ketulusan berbicara seseorang bisa dinilai. Itulah maka banyak orang minder dan semakin di bully diantara teman-temannya karena satu faktor ini diabaikan. Banyak artikel -artikel tentang komunikasi efektif bertaburan. Dan banyak pula yang membahas kontak mata. Sayangnya, banyak pembaca tidak mengerti "mengapa mereka harus memandang mata lawan bicara". Dari postingan ini anda sudah paham khan? ketegasan mata anda ke arah lawan bicara itu mengisaratkan bahwa omongan anda itu jujur, tulus, dan tegas.


Untuk keberhasilan ini, anda latihan di cermin dan orang-orang yang anda temui.

|


2. Postur tegak menghasilkan Ketegasan suara

Komunikasi yang baik adalah memiliki suara yang jelas dan tidak ngalur ngidul.

perhatikan posisi mulut anda saat berbicara. kalimat-kalimat akan tertahan dan tidak jelas karena postur bibir anda terlalu sering menghadap ke bawah. Itu biasanya beriringan dengan postur kepala anda. Biasanya orang yang minder terlalu sering melihat ke bawah , sehingga dia tidak sadar suara dari mulutnya tertahan ke tenggorokan. Postur bebicara adalah tegak menghadap lawan bicara. dan bukan terlalu banyak nunduk atau posturnya selengekan kayak orang yang cuek. Anda harus menghormati lawan bicara anda. Postur punggung dan kepala berperan penting untuk efek positif dan kesan hormat pada orang yang anda ajak berbicara.


 




3.latihan-latihan dan selalu latihan.

Suara atau konsonan kata sering terkilir atau terkadang kurang jelas terdengar, itu karena anda tidak terbiasa mengobrol. ya benar. Contohlah orang-orang yang banyak berbicara, pasti kesalahan-kesalahan tiap kata yang dilontarkannya sangat minim bahkan tidak ada sama sekali. Bandingkan dengan anda yang jarang ngobrol atau bahkan terbiasa membisu setiap pertemuan. Maka dipastikan setiap anda berbicara, akan sangat banyak kata-kata yang tidak jelas, atau tertahan, bahkan ngalur ngidul yang anda hasilkan. Untuk antisipasi ini, maka latihlah diri anda. Melatih diri dengan membaca novel atau koran atau media media apapun akan memperbanyak kosa kata anda.

Latihlah dengan menyuarakan apa yang anda baca. Anda bisa latihan di kamar. Anda membaca novel atau koran dengan suara yang jelas. Latihlah dengan irama-irama yang sesuai. Latih-latih dan latih. Ini berguna agar ketika anda berbicara di kehidupan nyata, suara dan kata-kata yang anda keluarkan akan terdengar jelas. Dengan begitu anda bisa tahu kapan berhenti berbicara, kapan menunda kalimat, dan kapan menciptakan efek yang dominan dari kalimat-kalimat anda.


Lebih dalam tentang melatih suara.

Abaikan tentang apakah anda cadel, apakah anda sering dipotong ketika anda mulai ngobrol, atau cerita dari kalimat-kalimat anda kurang bermutu. Abaikan saja. Yang diperhatikan pertama sekali adalah kualitas suara anda. Jika suara anda sudah jelas, maka dengan sendirinya anda mampu mengembangkan tehnik bercerita pada bahan obrolan anda.


A. latih untuk konsonan kata A, I, U, E ,O

Latih dengan jelas huruf A, I, U, E, O , terus terus suarakan huruf itu selama 15 menit. Gak perlu cepat. setiap huruf berdurasi 1 detik.



B. Latih kata dengan Kata yang kalimatnya berakhiran sama.

Setelah A, I, U, E,O . Kemudian 15 menit berikutnya ucapkan kata yang nadanya hampir sama.

Contoh : Mata, Makan, Tata, Bahasa, Rasa, Makna, Asah,

Contoh : Bingung, dengung, sang agung, Senandung, kandung, Sambung

Contoh : Asam, garam, sampan,


Mekanismenya :

Awal -awal ucapkan kata itu satu persatu dengan pelan, setelah 2 menit ucapkan dengan agak cepat, kemudian setelah 3 menit , ucapkan dengan cepat.

Ingat, Walaupun cepat tetap Kata-kata harus jelas. Ini mengasah intusi dan kecakapan kalimat-kalimat yang anda utarakan.

Latih ini selama 15 menit.



C. Bahan bacaan untuk kesempurnaan suara anda.

Saya sudah menyebut novel , koran atau bahan bacaan lain. Kali ini suarakan apa yang anda baca, Cukup 1 halaman saja. Awalnya anda baca dengan kecepatan sedang, kemudian ulangi 1 halaman itu dengan membaca agak cepat, setelah itu ulangi lagi 1 halaman itu dengan cepat.

Ingat latihan ini harus konsisten, Lakukan metode ini 15 menit. Ingat ya kalibrasi dan ejaan yang anda ucap harus jelas dan tegas.

Untuk novel atau bahan cerita. Setiap hari bacalah dengan halaman berbeda.

 

Selama 2 minggu pertama akan ada perubahan.

ya anda tidak salah baca. Ulangi tips tips sederhana diatas, maka dalam 2 minggu kata-kata yang anda ucapkan akan semakin jelas dan tidak lagi tercekat atau tidak jelas karena latihan ini meningkatkan komunikasi efektif anda. Jika di total berarti selama 45 menit sesudah bangun tidur dan sebelum tidur anda melatih latihan ini. Total dalam 1 hari berarti 1 jam 30 menit.





Share Artikel ini ke teman-teman, keluarga, dan orang yang anda kenal, agar Bangsa ini memiliki energi Percaya diri maksimal . Agar indonesia bisa menjadi inspirasi bangsa lain.
Next Post Previous Post
Related Post
Meningkatkan Percaya Diri dengan cepat